Cara Mudah Membuat Video Youtube Berkualitas untuk Pemula

cara membuat video youtube berkualitas untuk pemula

Semakin majunya zaman, penguasaan dunia digital semakin dibutuhkan. Salah satunya yaitu membuat konten youtube.

Namun tidak semua orang professional dalam bidang tersebut, tapi di sisi lain Anda harus mulai mempelajarinya agar tidak ketinggalan zaman. Maka dari itu, simak penjelasan cara membuat video youtube berkualitas untuk pemula berikut ini.

Tahap Pra-Produksi Video Youtube

pra produksi video

Tahap pra-produksi yaitu tahapan dimana sebelum melakukan rekaman atau pembuatan video. Pada Tahapan ini, Anda harus memikirkan serta menjabarkan mengenai beberapa hal yang sangat berpengaruh bagi kualitas konten video youtube tersebut. Di antaranya yaitu:

1. Memperhatikan Keunikan Konten

Pada tahap pertama, Anda harus memikirkan suatu ide konten video youtube yang unik. Hal ini tentunya agar Anda memiliki ciri khas tersendiri daripada video-video lain yang sudah beredar di youtube.

Semakin unik konten Anda, maka semakin banyak kemungkinan untuk meraih penonton dalam jumlah besar. Memang tidak harus unik 100%, tapi setidaknya Anda bisa menerapkan prinsip ATM, yaitu: amati, tiru, modifikasi.

Maksud dari prinsip ATM ini kurang lebih seperti berikut ini: pertama, Anda bisa mencari referensi video yang menarik untuk di upload di youtube, konten youtube yang menarik untuk pemula, atau yang lainnya. Setelah itu, Anda bisa tiru konten tersebut dengan menambahkan beberapa tambahan atau mengubah berbagai hal. Sehingga meskipun tidak unik 100%, video tersebut masih terdapat ciri khas tersendiri.

2. Memperhatikan Kebermanfaatan Konten

Banyak konten-konten video tidak bermanfaat yang beredar di youtube. Beberapa dari mereka bahkan mendapatkan banyak penonton. Namun jangan sampai Anda merupakan salah satu creatornya.

Buatlah suatu ide konten yang bermanfaat. Entah itu mengenai pendidikan, kesehatan, sosial, candaan, atau yang lainnya. Selain membawa banyak viewers, konten yang bermanfaat akan menyebarkan ilmu serta kebermanfaatan bagi penontonnya. Anda juga akan mendapatkan pahala karena menyebarkan hal-hal yang berguna.

3. Membuat Alur Cerita yang Jelas

Setelah memikirkan ide yang unik dan bermanfaat, Anda bisa mulai membuat alur cerita konten video youtube. Pastikan merincikannya dengan jelas dan teratur.

Anda bisa membauat seperti suatu diagram alur atau narasi cerita tentang video tersebut. Pastikan Anda memahami dengan benar garis besarnya. Setelah itu, pada setiap tahap pastikan mengetahui hal-hal apa saja yang dibutuhkan untuk memperjelasnya.

Anda bisa mulai dari tahap pendahuluan, inti, serta penutupan. Jika merupakan suatu film pendek atau narasi cerita, Anda bisa menambahkan klimaks dan anti-klimaks dalam alur tersebut. Setelah itu merinci sekiranya scene agenda apa saja yang dibutuhkan.

4. Merincikan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Pastikan Anda benar-benar mengetahui perlengkapan apa yang dibutuhkan. Hal ini agar tidak akan terjadi kebingungan saat tahap produksi video. Perlengkapan tersebut mencakup yang harus ada di video maupun yang mendukung kegiatan syuting seperti kamera.

Tahap Produksi Video Youtube

produksi video

Tahap selanjutnya pada cara membuat video youtube yang berkualitas untuk pemula berikutnya adalah tahapan produksi. Dimana Anda mulai melakukan rekaman, syuting, atau memproduksi video tersebut.

1. Memperhatikan Kamera Apa yang Digunakan untuk Merekam

Jika bukan merupakan video animasi, maka Anda harus sudah siap dengan kamera yang akan digunakan merekam. Anda bisa menggunakan berbagai jenis kamera, baik kamera hp, dslr, maupun yang lainnya.

Jangan risau jika hanya menggunakan kamera hp, Anda bisa tetap membuat video yang berkualitas. Terdapat banyak cara membuat video youtube di hp serta memastikan hasilnya bagus. Di antaranya memperhatikan fokus, pencahayaan dan lain sebagainya.

2. Memperhatikan Sudut Pandang Pengambilan Video

Dalam membuat konten youtube, tentunya Anda membutuhkan berbagai sudut pandang pengambilan video. Hal ini agar penonton tidak akan mudah bosan. Minimal Anda harus membuat variasi dua sudut pandang dalam satu video.

Misalnya Anda bisa menggunakan sudut pandang orang ketiga dan orang kedua. Sudut pandang orang ketiga merupakan pengambilan video dari pandangan penonton. Sedangkan pengambilan video dari orang kedua, diambil dari sudut pandang salah satu pemainnya.

Dalam satu scene,Anda bisa membuat berbagai variasi sudut pandang. Namun pastikan juga tidak terlalu cepat dalam moving sudut pandang. Hal ini agar penonton tidak bingung dan tetap bisa menikmati konten youtube Anda.

3. Memfokuskan Pengambilan Video dan Audio dengan Baik

Dalam merekam atau mengambil gambar untuk suatu video, tentunya Anda harus fokus pada objek yang ingin direkam. Hal ini tentu akan menentukan kualitas dari video yang akan Anda buat. Selain itu, pemfokusan yang bagus juga akan membantu penonton dalam memahami isi video tersebut.

Selain pengambilan gambar dan video, Anda juga harus memperhatikan pengambilan suara di dalamnya. Jangan sampai terdapat noise atau bising sehingga viewers tidak bisa mendengarkan dengan jelas.

Anda bisa menggunakan dua acara pengambilan suara untuk video, yaitu secara langsung dan dubbing. Jika mengambil suara secara langsung memungkinkan banyak sekali noise yang terjadi atau kurang keras, maka Anda dapat melakukan dubbing. Metode ini memungkinkan suara lebih jelas namun memerlukan kerja dua kali.

Tahap Post-Produksi Video Youtube

editing

Tahap terakhir pada cara membuat video youtube berkualitas untuk pemula adalah post-produksi. Dimana Anda melakukan proses lanjutan setelah merekam atau memproduksi video yang akan dimuat di youtube.

1. Melakukan Editing dengan Baik

Setelah Anda memproduksi suatu video, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah editing. Tentunya ini sangat penting, dimana tidak mungkin video polosan akan langsung di upload jika menginginkan suatu konten yang berkualitas dan banyak viewers.

Dalam mengedit video, Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi editing baik di handphone atau laptop. Bagi seorang pemula, pastikan memilih aplikasi yang mudah dipahami dan memiliki fitur-fitur yang sederhana, sehingga Anda bisa segera memahaminya.

Ada banyak aplikasi edit video bagi pemula yang mudah digunakan di hp. Di antaranya yaitu kine master, youcut,vivavideo, videoshow, dan lain sebagainya. Jika Anda menggunakan PC, maka bisa menggunakan aplikasi seperti filmora, Windows Movie Maker, Adobe Premiere, dan masih banyak lagi.

2. Memposting Ke Youtube

Tahap selanjutnya yaitu memposting atau mengupload video ke youtube. Dalam mengupload, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal.

Pertama, buat judul yang menarik dan unik. Hal ini tentunya akan memancing penonton untuk melihat video Anda. Namun pastikan judul juga mencerminkan isi dari video, jangan gunakan clickbait karena akan menimbulkan banyak respon negatif.

Selain itu, untuk cara membuat video trending, Anda bisa menyisipkan berbagai hashtag yang sesuai dengan konten dan sedang banyak dicari oleh orang. Dengan adanya hashtag, penonton juga semakin mudah dalam menemukan video Anda.

3. Membagikan ke Berbagai Sosial Media

Tahap terakhir yang tidak boleh dilupakan dalam cara membuat video youtube berkualitas bagi pemula adalah membagikan ke berbagai sosial yang Anda miliki. Anda juga bisa minta tolong keluarga, teman, serta rekan sejawat untuk membagikannya. Hal ini akan mendorong semakin banyak yang mengetahui video Anda dan agar meraih banyak viewers. Karena akan percuma jika sudah mebuat konten yang berkualitas namun tidak ada yang menonton.

Share artikel ini