Cara Membeli Saham Online Bagi Pemula Mudah Banget

sahamonline

Semakin hari, minat orang dalam membeli saham semakin banyak. Bagaimana tidak, hanya dengan duduk dan memantau dari layar hp, bisa mendapatkan keuntungan yang terkadang tidak tanggung-tanggung. Jika Anda belum pernah berkecimbung pada saham dan tidak ingin ribet, pastikan mengetahui cara membeli saham online bagi pemula.

Namun jangan khawatir, cara-caranya sangat mudah. Anda hanya membutuhkan konsistensi dan kesabaran dalam melakukannya. Hal ini agar Anda tidak terjebak pada suatu kerugian dalam berinvestasi yang tentu akan mengecewakan.

Persiapan Sebelum Membeli Saham

Ketika akan membeli saham, jangan terlalu terburu-buru, karena akan merugikan Anda sendiri. Apalagi bagi Anda seorang pemula. Pastikan melakukan beberapa persiapan di bawah ini agar semakin memahami bagaimana cara membeli saham online bagi pemula.

1. Memperlajari Sistematika Kerja Saham dengan Baik

Sebelum membeli saham, Anda tentunya harus mempelajari dengan benar bagaimana sistematika kerja investasi dan saham. Selain itu, pahami pula istilah-istilah yang ada di dalamnya agar Anda semakin paham.

Tidak perlu khawatir dan bingung, Anda bisa belajar dengan mudah dari berbagai situs yang tersedia di internet. Jika masih kurang paham, Anda juga dapat belajar dari video-video pengenalan saham yang tersebar di internet. Selain itu, Anda juga bisa mempelajarinya dari teman yang sudah mahir dan berkecimpung lama dalam dunia saham dan investasi.

2. Menyiapkan Strategi Dalam Bermain Saham

Setelah mempelajari bagaimana cara saham bekerja dan berbagai istilah di dalamnya, Anda juga harus menyiapkan strategi dalam bermain saham. Ibarat dalam sebuah permainan, strategi diperlukan agar bisa menang dan tidak mengalami kerugian yang berarti.

Strategi-strategi yang Anda siapkan, harus memperhatikan berbagai hal berikut ini:

  • Apa tujuan Anda bermain saham?
  • Apakah dalam waktu yang singkat atau sebagai investasi jangka panjang?

Jika dalam jangka waktu yang singkat, maka beberapa hal yang harus Anda siapkan adalah: bagaimana target dana masuk dan keluar, target profit pertama sampai seterusnya, serta cut coss limit setiap kali trading.  Selain itu Anda juga harus menyiapkan mental untuk menghadapi medan trading yang tidak selalu menguntungkan.

Jika dalam jangka waktu yang panjang, Anda dapat mulai menentukan berapa lama dana akan diletakkan dalam saham, berapa target yang diinginkan, serta persiapan atau hal yang dilakukan ketika saham ternyata mengalami kerugian.

3. Menyiapkan Modal

Bagi seorang pemula, Anda tidak perlu menyiapkan modal terlalu banyak untuk investasi saham. Apalagi jika tujuannya hanya untuk belajar. Pada beberapa aplikasi, bahkan Anda dapat melakukan investasi dengan dana yang sangat minim, yaitu 10.000 rupiah.

Namun jika benar-benar bertujuan untuk meraih keuntungan, Anda bisa menyiapkan modal yang lebih banyak. Namun jangan gegabah pula, pastikan mengetahui siklusnya dan cara kerjanya selama beberapa bulan terlebih dahulu. Baru kemudian semakin menambah modal pada investasi tersebut.

Pastikan modal yang Anda gunakan untuk investasi sudah terpisah dari uang untuk kebutuhan sehari-hari, apalagi untuk melunasi hutang. Karena melakukan investasi saham tidak selalu menguntungkan. Sehingga ketika rugi, tidak akan terlalu berdampak pada siklus keuangan Anda.

4. Memilih Aplikasi dan Software untuk Membeli Saham yang Tepat untuk Pemula

Semakin kesini, semakin banyak aplikasi jual beli saham online yang beredar di internet. Bahkan bisa di install di laptop ataupun smartphone Anda dengan mudah. Cara penggunaannya pun tidak rumit, cocok bagi para pemula.

Pastikan pula Anda memilih aplikasi yang sekuritas atau keamanannya sudah terjaga dan terpercaya. Pastikan aplikasi jual beli saham online tersebut sudah memiliki izin dari OJK.

Apabila Anda ingin menggunakan smartphone, beberapa aplikasi yang bisa menjadi rekomendasi untuk investasi saham di antaranya: Most,MNC Smart, BNISekuritas, Bibit, dan masih banyak lagi. Bahkan beberapa aplikasi e-money seperti link aja, ovo, dan dana sudah menyediakan fitur investasi saham.

5. Saat Membeli Saham

Jika Anda yakin benar sudah mempersiapkan dengan benar persiapan untuk membeli saham, maka berikut adalah cara beli saham online yang bisa Anda lakukan dengan mudah bagi seorang pemula.

6. Membuka Rekening Saham Di Aplikasi yang Sudah Dipilih

Tahap pertama, tentunya Anda perlu membuka rekening saham di aplikasi yang sudah Anda pilih. Biasanya tiap aplikasi akan menunjukkan tata cara membuka rekening saham dengan detail. Jadi Anda hanya perlu mengikutinya dengan runtut.

Biasanya dalam membuka rekening saham, Anda akan ditanyai nama lengkap, nomer KTP, tanggal lahir, pendapatan, tujuan investasi, dan lainnya. Selain itu, Anda akan diminta utuk mengirimkan foto KTP dan selfie wajah bersama KTP.

Setelah pendaftaran selesai, biasanya pihak dari aplikasi akan memverifikasi akun Anda. Namun proses tersebut tidak lama, biasanya hanya akan berlangsung selama 1-3 hari.

7. Memulai Investasi dengan Setor Modal

Setelah akun Anda terverifikasi, Anda dapat mulai melakukan investasi pada saham. Biasanya pada satu aplikasi akan menyediakan berbagai pilihan saham. Pastikan mempelajari setiap pilihan dengan baik. Anda juga dapat melihat keuntungan dari setiap saham yang disajikan melalui grafik perhari, perbulan, maupun pertahun.

Pastikan Anda mengikuti tutorial setor modal pada aplikasi tersebut dengan benar. Masukkan nominal uang yang ingin diinvestasikan. Biasanya pada setiap aplikasi juga memberitahukan jumlah minimal investasi untuk setiap saham yang tersedia. Anda juga dapat melakukan investasi pada berbagai saham pada satu aplikasi.

Ketika memulai investasi, yang perlu Anda ingat bahwa investasi tidak selalu menguntungkan. Jadi Anda harus mempersiapkan strategi untuk menghadapi kerugian.

Selain itu, memang semakin besar nominal modal untuk investasi, semakin besar pula keuntungan. Namun yang perlu Anda ingat juga adalah kemungkinan nominal jika mengalami kerugian juga semakin besar.

Hal yang Dilakukan Setelah Membeli Saham

Cara membeli saham online bagi pemula tidak hanya terhenti ketika Anda selesai melakukan investasi. Tentunya ada beberapa hal yang harus Anda lakukan pada saham yang sudah ditanam tersebut agar memperoleh keuntungan. Di antaranya yaitu:

1. Memantau Pergerakan dan Trend Saham

Pergerakan nilai saham sangat cepat berubah. Bahkan dalam hitungan menit ataupun detik nilainya sudah berbeda. Jadi pastikan Anda rajin-rajin memantaunya untuk mengetahui perkembangan saham Anda, atau bahkan mengetahui waktu yang tepat untuk berinveastasi kembali.

Anda dapat menyempatkan waktu untuk bermain saham selama 15-30 menit untuk setiap sesi. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan informasi yang akurat mengenai perkembangan saham tersebut.

2. Ketika Ingin Mengambil Saham: Pastikan Tahu Waktu yang Tepat

Dengan mengetahui pergerakan saham, maka Anda juga dapat mengetahui waktu yang tepat ketika menjual atau mengambil saham. Jual saat nilai saham mulai naik atau sudah sesuai dengan target yang Anda inginkan.

Selain itu, ketika sudah menjual keseluruhan saham, jangan diambil sepenuhnya. Gunakan keuntungan tersebut untuk memulai berinvestasi kembali. Hal ini agar Anda dapat memutar keuangan dan akan selalu mendapat keuntungan. Jadi bagaimana? Dari penjelasan mengenai cara membeli saham online bagi pemula, Apakah Anda sudah tertarik untuk berinvestasi?

Share artikel ini