8 Tips Marketing Instagram Agar Bisnismu Semakin Lancar

social-media-marketing

8 Tips Marketing Instagram Agar Bisnismu Semakin Lancar – Tak bisa dipungkiri bahwa sejak beberapa tahun terakhir, transaksi yang dilakukan oleh masyarakat lebih banyak menggunakan teknologi seperti handphone. Hal ini dikarenakan efek dari perkembangan teknologi yang sangat pesat, ditambah lagi dengan upaya pemanfaatannya yang semakin di maksimalkan sehingga bisa dengan mudah mengubah budaya masyarakat.

Saat ini, banyak ditemukan platform yang digunakan untuk melakukan jual beli dan bahkan bisa sangat menguntungkan, karena calon pembeli yang berasal dari berbagai daerah indonesia. Salah satu contohnya yaitu menggunakan sosial media instagram.

Selama ini, yang kita tahu bahwa instagram hanyalah sebuah aplikasi sosial media yang digunakan untuk berkomunikasi, berbagi cerita dan beberapa hal lainnya. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata instagram juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang.

Tentunya, untuk mendapatkan pundi-pundi uang dari Instagram, Anda juga harus mengetahui beberapa pengetahuan tertentu seperti salah satunya yaitu tips marketing Instagram agar bisa berbisnis secara lancar meski hanya melalui sosial media.

Tak jarang seseorang memilih untuk mengikuti beberapa kelas online agar bisa menghasilkan banyak uang melalui Instagram. Namun Anda tidak perlu melakukan hal tersebut, sebab di bawah ini akan dijelaskan beberapa tips yang efektif mengenai marketing di Instagram. Adapun beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Jumlah Followers

Tips marketing Instagram yang pertama yang harus diperhatikan yaitu memperbanyak jumlah followers. Dengan banyaknya jumlah follower yang dimiliki juga akan berpengaruh terhadap kemungkinan barang Anda laku di Instagram.

Sebab jika followers Anda sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali, maka sangat sulit untuk membuat orang lain bisa melihat dan tertarik dengan produk Anda.

2. Memberikan Kesan Terbaik

Baik dalam kehidupan nyata maupun dunia maya, kesan pertama merupakan salah satu hal yang paling penting. Begitu juga dalam sosial media Instagram, Anda harus menjaga kesan yang baik di hadapan para calon customer.

Salah satu contoh tips marketing Instagram  yaitu dengan memberikan profil dan biodata yang lengkap dan singkat pada akun Anda. Sehingga ketika para calon customer tersebut mengklik profil Anda, maka di sana sudah akan terlihat semua yang berkaitan dengan Anda dan produk yang dijual.

3. Memposting Konten Secara Teratur

Jika Anda ingin agar produk Anda selalu segar dalam pikiran dan pandangan calon customer, maka pastikan bahwa Anda selalu rajin untuk memposting konten secara teratur. Bukan malah memposting sebulan sekali, sebab itu tidak dikatakan sebagai profil aktif atau malah calon customer mengira bahwa Anda sudah berhenti berjualan.

Namun, tips marketing Instagram yang perlu diperhatikan, Anda jangan pernah memposting lebih dari 1 postingan produk dalam sehari. Sebab sebagian masyarakat juga tidak terlalu suka apabila postingan seseorang terlalu membanjiri beranda instagramnya.

Salah satu trik yang harus Anda pertimbangkan yaitu memposting pada saat jam kerja. Sebab hasil penelitian mengatakan bahwa 90% karyawan akan memainkan handphonenya untuk menghilangkan stres dan pengalih perhatian saat mereka bekerja.

4. Bermitra Dengan Influencer

Selama ini sudah kita ketahui bahwa seorang influencer merupakan orang-orang yang memiliki pengikut yang sangat banyak di sosial media. Adanya influencer ini bisa kita manfaatkan untuk bekerjasama dalam mempromosikan produk yang Anda miliki atau jual.

Kenyataan bahwa seorang influencer memiliki jumlah pengikut dalam jumlah besar tentu memberikan peluang yang sangat besar atas bisnis yang Anda jalani. Tips marketing Instagram ini sudah biasa digunakan oleh para pebisnis handal.

Memang untuk bisa bermitra atau bekerjasama dengan seorang influencer ini tidak mudah. Sebab Anda juga harus membayar sejumlah uang agar mereka mau mempromosikan produk Anda di sosial medianya.

5. Melakukan Livestreaming

Salah satu fitur yang ada di Instagram dan bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan produk yang Anda jual yaitu live streaming atau siaran langsung. Melalui  tips marketing Instagram berupa live streaming ini, Anda bisa berkomunikasi secara langsung dengan para audiens dan calon customer secara Real Time.

Dengan live streaming ini, Anda bisa mencoba untuk memperkenalkan beberapa produk yang Anda jual. Selain itu, Anda bisa melakukan question and answer agar para calon customer tertarik untuk menonton livestreaming Anda.

Ketika ada beberapa pertanyaan yang ditujukan kepada Anda, pastikan bahwa Anda menjawab seluruh pertanyaan tersebut secara baik dan benar serta memberikan kesan terbaik kepada para calon customer.

6. Jangan Monoton

Mungkin anda pernah melihat sebuah akun dari seorang pebisnis pemula sosial media yang setiap hari selalu memposting jualan tanpa diselingi oleh postingan-postingan yang lainnya. Tentu hal tersebut sangat tidak baik untuk dilakukan, sebab jika itu dilakukan maka feedback dari para calon customer akan berbeda-beda.

Mungkin sebagian ada yang suka dan malah membuat dia tertarik, namun sebagiannya lagi justru malah tidak senang karena merasa kontennya terlalu monoton hanya tentang jualan saja.

Untuk itu, tips marketing Instagram yang harus Anda lakukan adalah dengan cara menyelingi postingan jualan Anda dengan beberapa content lain misalnya konten lucu, konten aktivitas sehari-hari atau konten-konten lainnya.

7. Memposting Di IG Story

Sama halnya seperti di WhatsApp, ternyata Instagram juga memiliki fitur untuk bercerita atau disebut juga dengan IG Story. IG Story ini bisa Anda manfaatkan semaksimal mungkin dengan cara memposting mengenai produk yang Anda jual.

Berbeda dengan postingan atau update status pada umumnya yang tidak boleh lebih dari 1. Maka dengan menggunakan tips marketing Instagram berupa IG Story, Anda bisa membagikan cerita atau postingan lebih dari satu.

Sebab tidak akan membuat time line para pengikut Anda penuh dengan postingan Anda. Di IG Story sangat disarankan agar Anda memberikan diskon, menjalankan compain atau bisa berbagi cerita mengenai kegiatan kantor pada saat itu.

Sama seperti di WhatsApp, IG Story ini hanya akan bertahan 24 jam saja. Maka dari itu Anda juga harus bisa memanfaatkan IG Story dan memperhatikan waktu yang relevan untuk meng-update Story.

8. Menggunakan Instagram Bussiness

Jika Anda menggunakan Instagram biasa, maka ketika Anda ingin memulai bisnis di Instagram, Anda harus membuat atau menggunakan akun Instagram bisnis. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan tips marketing Instagram  akun Instagram bisnis akan mempermudah konsumen anda untuk menghubungi Anda dan Anda pun akan terlihat layaknya seorang pembisnis profesional.

Selain itu, akun Instagram bisnis biasanya menyediakan beberapa fitur yang tidak bisa ditemukan pada Instagram biasa. Jika pada saat ini, Anda masih menggunakan akun pribadi, maka Anda bisa menyiasatinya mengubah dan beralih menggunakan akun Instagram bisnis dengan cara membuka menu pengaturan, kemudian mengklik akun dan mengklik beralih ke akun profesional.

Jika sebelumnya akun Anda hanya menjadi akun pribadi maka pastikan bahwa Anda mengubah setelan akan menjadi akun publik. Demikianlah beberapa tips marketing Instagram yang bisa Anda lakukan. Pastikan Anda mencoba semua cara di atas agar Anda bisa menjadi pebisnis yang sukses meski hanya melalui Instagram.

Share artikel ini