Tips Menghindari Penipuan Pada Jasa Jual Beli Di Instagram

tipsmenghindaripenipuanonline

Tips Menghindari Penipuan Pada Jasa Jual Beli Di Instagram

berbicara tentang instagram sebenarnya sama halnya dengan berbicara kehidupan masa kini, hampir sebagian orang lebih hidup di akun instagram mereka ketimbang di kehidupan nyata. Saking banyaknya orang menghabiskan waktu di instagram, tidak heran jika banyak sekali penjual yang memilih menjajakan barangnya di sosial media yang paling trend saat ini tersebut.

Meski banyak sekali pedagang terpercaya dan sukses di Instagram, namun oknum yang gemar mencari penghasilan dengan cara curang juga tidak mau ketinggalan. Ada banyak sekali kasus penipuan online shop di instagram yang marak akhir-akhir ini, oleh karena itu penting hukumnya bagi Anda untuk mengetahui ciri-ciri akun penipu sampai cara untuk menghindar dari berbagai bentuk penipuan yang kian beragam.

Ciri-Ciri Akun Online Shop Penipu Di Instagram

Setiap orang yang melakukan kecurangan pada dasarnya bisa dideteksi dengan mudah, karena segala bentuk kecurangan pasti selalu meninggalkan bekas. Hal tersebut juga berlaku pada akun penipu di instagram. Salah satu hal paling mendasar sebelum mempelajari Tips Menghindari Penipuan Pada Jasa Jual Beli Di Instagram, tentu saja dengan mengetahui ciri-ciri dari penipunya sendiri.

tips-menghindari-penipuan-pada-jasa-jual-beli-di-instagram-gambar2

1. Feed Amburadul Tanpa Testimoni

Salah satu ciri paling terlihat dari akun penipu adalah feed instagramnya yang tidak terurus. Memelihara feed dapat dikatakan adalah hal yang tidak mudah, oleh karena itu biasanya para penipu merasa enggan untuk memelihara feed dari akun mereka. Selain pada feed para penipu juga tidak terlalu memperhatikan logo, kualitas foto, bahkan bio pada akun mereka, para penipu biasanya terkesan asal upload sehingga seringkali kualitas foto pecah.

Pada bagian testimoni pun para penipu biasanya terkesan asal screen shoot, atau bahkan lebih parahnya mengambil dari testimoni orang lain. Dari kedua hal tersebut sudah bisa menjelaskan mengapa salah satu Tips Menghindari Penipuan Pada Jasa Jual Beli Di Instagram adalah memperhatikan feed dan testimoni dengan sangat teliti.

2. Biasanya Menjual Barang Dengan Harga Sangat Murah

Cara ampuh yang paling sering digunakan oleh para penipu adalah penurunan harga barang yang signifikan. Beberapa akun penipu bahkan berani menurunkan harga hingga angka jutaan, dengan menawarkan harga yang terlampau murah tentu saja akan menyebabkan orang tergiur. Sebenarnya ini merupakan ciri-ciri paling terlihat, namun sayangnya banyak orang yang mengabaikan hal ini demi mendapatkan barang murah meriah.

3. Biasanya Kolom Komentar Dimatikan

Pelaku penipuan biasanya mematikan kolom komentar pada akun mereka, hal ini guna menghindari komentar-komentar pedas dari orang yang pernah menjadi korban mereka. Mematikan kolom komentar tentu saja harus mereka lakukan agar kebohongan mereka tidak terungkap, untuk itulah sebenarnya Tips Menghindari Penipuan Pada Jasa Jual Beli Di Instagram paling jitu adalah melihat komentar orang lain pada setiap postingan.

Tips Menghindari Penipuan

Setelah Anda mengerti beberapa ciri-ciri yang dimiliki akun penipu, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara agar terhindar dari penipuan. Meski seringnya penipu adalah orang yang pintar, namun ketika Anda menggunakan otak Anda dengan maksimal, maka banyak sekali celah yang bisa Anda ambil untuk menghindari penipuan dalam bentuk apa pun.

1. Gunakan Pembayaran Melalui Rekening Bersama

Salah satu Tips Menghindari Penipuan Jasa Jual Beli di Instagram paling jitu adalah menggunakan jasa rekber atau rekening bersama. Pada jaman sekarang para penyedia jasa rekber sudah banyak dan sangat mudah ditemukan, dengan adanya rekber proses transaksi akan sangat aman karena ada pihak ke tiga selaku penengah. Selain itu biaya jasa rekber juga tekesan murah dan tidak sebanding dengan keamanan yang Anda dapatkan.

Meski terkesan ribet dengan jasa rekber ada beberapa hal yang bisa Anda pastikan. Akun penipu tentu saja akan sebisa mungkin menghindari rekber, hal ini karena dengan rekber mengharuskan adanya pengiriman barang terlebih dahulu sebelum uang ditransfer kepada penjual. Dengan adanya istilah rekening bersama sebenarnya jual beli di media sosial saat ini jauh terasa lebih aman dibanding dahulu.

2. Waspadai Testimoni Palsu

Meskipun testimoni adalah salah satu alat bukti yang paling dipercaya di setiap online shop, namun sekarang banyak pihak yang menyalahgunakan testimoni. Memastikan keaslian testimoni dalam Tips Menghindari Penipuan Jasa Jual Beli Di Instagram adalah hal paling penting. Untuk mengetahui keaslian testimoni sendiri sebenarnya tidak sulit, Anda hanya perlu mencocokkan testimoni satu dengan yang lain apabila ada kesamaan maka bisa dipastikan testimoni tersebut palsu.

3. Pastikan Alamat Toko Dengan Detail

Toko atau tempat tinggal adalah salah satu rahasia terbesar penipu, untuk itu Anda lebih baik bertanya alamat toko terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi. Jika pihak penjual memberi informasi alamat toko secara detail maka bisa dipastikan akun tersebut terpercaya, sebab dengan berani mengungkap alamat secara tidak langsung toko tersebut berani bertanggung jawab jika terjadi sesuatu kelak.

Itulah beberapa tips yang bisa kita terapkan untuk menghindari penipuan. Dalam kasusnya sendiri seandainya banyak orang yang sulit untuk ditipu maka para oknum penipu juga akan hilang dengan sendirinya, sayangnya masyarakat saat ini masih banyak yang terlalu mudah tergiur sehingga kasus penipuan pun tetap lancar terjadi.

Share artikel ini