Ingin Jualan Di Instagram? Ketahui Cara Promosi di Instagram

laptoppanelpedia1

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi instagram?

Aplikasi sosial media yang sudah diunduh lebih dari satu miliar pengguna. Instagram bisa digunakan sebagai channel marketing yang menjanjikan untuk mempromosikan suatu produk jualan. Meskipun menjanjikan, tentu punya cara promosi di instagram yang baik. 

Instagram merupakan salah satu sosial media yang mampu menarik lebih banyak pengguna lainnya. Melalui postingan foto yang menarik dan kualitas gambar yang tinggi akan menarik interaksi lebih besar. Interaksi tersebut bisa dilihat dari beberapa banyak yang melakukan like dan komentar. Agar lebih efektif menggunakan instagram. Ada beberapa cara promosi di instagram yang harus dilakukan.

6 Cara Promosi Di Instagram Yang Baik

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa cara promosi di instagram yang baik sebelum memaksimalkannya. Pemasaran melalui instagram bisa sangat efektif jika mengetahui cara yang tepat. Agar tidak salah ketika menggunakan instagram, berikut cara untuk promosikan produk di sosial media instgaram.

1. Melengkapi bio

Yang pertama kali yang harus dilakukan adalah melengkapi bio akun di Instagram. Tujuannya untuk memberikan kepercayaan kepada semua pengguna instagram. Ada beberapa teknik yang bisa digunakan untuk memaksimalkan bio instagram. 

Yang pertama adalah menggunakan username yang singkat, jelas, mudah diingat dan dicari. Selanjutnya menambahkan kata kunci dan menggunakan foto profil terbaik. Berikan deskripsi singkat dan tambahkan emoji supaya lebih menarik. Jangan lupa bubuhkan linkwebsite dan kalimat call to action. 

2. Tentukan tema feed instagram

Coba lihat postingan beberapa aku instagram brand-brand terkenal. Mereka selalu memberikan postingan yang bermanfaat untuk followernya. Perhatikan postingannya, mereka melakukan beberapa permainan konsistensi setiap postingannya dengan tema tertentu.

Cara ini merupakan cara promosi di instagram yang baik. Bukan hanya mempercantik tampilan akun instagram, juga untuk menarik follower. Selain itu berikan waktu untuk melakukan interaksi dengan follower. Jangan lupa posting beberapa edukasi yang bermanfaat agar follower tidak merasa dijuali secara terus menerus. 

3. Konsisten untuk posting

Semua usaha atau bisnis akan berjalan lancar jika dilakukan secara konsisten. Begitu pula dengan bisnis yang dilakukan di instagram. Melakukan posting secara konsisten di instagram memberikan banyak manfaat, misalnya mempermudah diperhatikan oleh follower sehingga terjadi interaksi antara keduanya. Jika demikian diharapkan akan terjadi konversi penjualan langsung dengan follower. 

Selain itu, dengan konsisten posting, produk akan lebih dikenal dan menaikkan branding bisnis yang dilakukan. Ketahui pula waktu yang tepat untuk melakukan posting. Misalnya antara pukul 12 sampai pukul 1 siang. Merupakan waktu dimana banyak yang istirahat yang memungkinkan mereka untuk melihat sosial media. 

4. Gunakan hastag

Cara promosi di instagram yang baik selanjutnya memberi hastag ketika posting. Hastag sangat penting dilakukan untuk memudahkan pencarian bagi pengguna instagram. Tetapi perlu diingat, gunakan hastag sewajarnya jangan sampai melakukan spam. Hastag yang digunakan juga harus relevan dengan konten yang sedang diposting. 

5. Bangun relasi

Yang dilakukan selanjutnya adalah membangun relasi dengan akun sejenis. Berikan like dan komentar setiap postnya. Berikan komentar sewajarnya dan jangan melakukan spam apalagi berjualan langsung. Lakukan follow akun influencer sejenis, supaya mendapatkan rekomendasi follower akun sejenis. 

6. Sertakan link produk

Langkah terakhir adalah menyertakan link produk. Karena instagram tidak bisa menampilkan link pada caption, maka gunakan shortlink agar mudah diingat oleh follower. Link tersebut juga bisa ditammpilkan pada bio akun instagram, sehingga jika ada yang bertanya bisa langsung diarahkan pada link di dalam bio. 

Itulah beberapa cara promosi di instagram yang baik dilakukan ketika ingin memulai bisnis atau menaikkan branding akun. Menguasai caranya merupakan hal wajib dilakukan sebagai pelaku bisnis. Untuk menambah kepercayaan, buatlah website yang berisi produk. Tambahkan link website tersebut di dalam instagram. Bagaimana, Ingin mencoba berbisnis lewat instagram?

Share artikel ini